Buscar

Blogroll

WELCOME TO BLOG RIZKY PRABOWO

Sabtu, 24 Desember 2011

Kirab Pusaka Grebeg Suro 2011 di Ponorogo



Hai sobat semuanya kali saya ingin menceritakaan tentang grebeg suro, klw sobat ingin tahu silahkan sobat baca. Perayaan Grebeg Suro adalah acara yang diadakan Kabupaten Ponorogo setiap tahun guna menyambut datangnya tahun baru Islam (1 Muharram). Berbagai acara-acara dihelat di Kota Reyog dari awal bulan November ini seperti Tari SI Potro, Istighozah, Lomba Kakang Senduk, pameran-pameran karya masyarakat Ponorogo, pameran bonsai, Festival Reyog Nasional XVIII, dan masih banyak lagi.
grebeg suro 2011

grebeg suro 2011

Acara yang tidak kalah ramainya adalah acara Kirap Pusaka yang dilangsungkan kemarin tanggal 26 November 2011. Masyarakat Ponorogo berbondong-bondong menuju kota untuk melihat acara yang diadakan setahun sekali ini. Ternyata tidak hanya masyarakat Ponorogo saja yang datang, masyarakat Pacitan, Madiun,Magetan,Wonogiri, Trenggalek pun juga menyaksikan acara ini. Acara Kirap Pusaka dimulai sekitar jam 13.00 WIB dengan start di Makam Bathoro Katong (Daerah Pasar Pon) dengan menggelar Risalah Do’a terlebih dahulu. Kirap Pusaka ini diarak dari Kota Lama (Pasar Pon) menuju Kota Baru (Paseban Aloon-Aloon Ponorogo). Acara ini bertujuan memindahkan benda-benda pusaka dari kota Lama ke kota Baru untuk dicuci.
Grebeg suro 2011grebeg suro 2011

Di Kirap Pusaka ini, para petinggi pemerintahan mengikuti acara dengan menaiki dokar yang sudah dihias. Tidak hanya itu, BapakBupati, para pengusaha, dan sekolah-sekolah juga ikut dalam acara ini. Terlihat nampak jelas diatas, bapak Bupati menyapa semua rakyatnya dan juga anak-anak kecil.

Setelah acara ini selesai, jam 16.00 WIB diadakan acara Tumpeng Purak. Acara ini dilangsungkan di Paseban Aloon-Aloon Ponorogo. Malam harinya diadakan penutupan Acara Grebeg Suro 2011 dan Festival Reyog Nasional XVIII dan di malam pergantian tahun tepat jam 00.00 ada pesta kembang api.

Terima kasih buat mas dafhy atas foto-fotonya, saya tidak berusaha mengcopy foto-foto yang sudah didapatkan melainkan saya ingin memberikan informasi kepada teman-teman yang ada diluar Ponorogo, semua orang yang ada di dunia bahwa Ponorogo mempunyai banyak budaya yang belum di ketahui banyak orang.
sumber : UNP " VETERAN" Jawa Timur

0 komentar:

¿Te animas a decir algo?

 
wawasan budaya indonesia | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger