Buscar

Blogroll

WELCOME TO BLOG RIZKY PRABOWO

Sabtu, 17 Desember 2011

GREBEG SEKATEN YOGYAKARTA


Hai sobat kali ini ku mau menyampaikan suatu kebudayan asli indonesia tepatnya budaya ini ada di D I Yogyakarta yang bernama GREBEG SEKATEN YOGYAKARTA, kalau mau tahu lebih lengkapnya ayo kita baca saja.  Sekaten adalah suatu acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang lahir pada tanggal 12 bulan Maulud. Acara ini selalu diselenggarakan setiap tahunnya.



Perayaan sekaten diselenggarakan sebulan penuh, ini menjadi penanda awal tahun yang meriah bagi masyarakat Jogjakarta dan sekitarnya serta pecinta seni budaya tradisi Jawa. Dalam sebulan penuh itu, acara ini selalu ramai dikunjungi saat malam hari.

Puncak acara Sekaten adalah “Grebeg Maulud”, yaitu diusungnya sepasang gunungan berisi pangan keluar dari Masjid Agung setelah sebelumnya didoakan oleh para ulama setempat.  Inilah yang selalu menjadi sasaran wisatawan yang percaya bahwa berebut dan memperoleh sajian pangan dari gunungan Sekaten akan membawa berkah tersendiri dalam hidup serta rezeki dan hasil panen melimpah. Masyarakat Jogjakarta juga percaya bahwa agar mendapat imbalan dari Yang Maha Kuasa, masyarakat harus rela berusaha. Sebagai ” Srono ” (syarat)-nya, mereka harus mengunyah sirih di halaman Masjid Agung, terutama pada hari pertama dimulainya perayaan sekaten. Oleh karenanya, selama diselenggarakan perayaan sekaten itu, banyak orang berjualan sirih dengan ramuannya, nasi gurih bersama lauk-pauknya di halaman Kemandungan,di Alun-alun Utara maupun di depan Masjid Agung Jogjakarta.

Copyright © 2007-2011, JatengPromo

0 komentar:

¿Te animas a decir algo?

 
wawasan budaya indonesia | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger